Cara Download video dari Youtube – Windows dan Linux

Mungkin cara-cara serupa yang kalian pernah baca sudah banyak tersebar di Internet, namun dari semua cara yang saya lihat, belum ada yang menampilkan lebih dari 2 bahkan 3 cara untuk mengunduh video dari Youtube. Dan tentunya tidak untuk kedua platform (Baik Windows maupun Linux). Baiklah, saya akan jelaskan perangkat apa saja yang kalian butuhkan untuk mengunduh sebuah video dari Youtube. 

Youtube Downloader (Windows)

  1. Youtube downloader adalah aplikasi yang khusus diciptakan untuk mengunduh video dari youtube, sehingga saya menampilkannya di urutan teratas cara download video dari Youtube. Namun, tentu saja, youtube download tidak hanya bisa digunakan untuk youtube, tetapi juga untuk website lainnya.
  2. Kalian dapat mengunduh program tersebut di sini

Internet Download Manager (Windows)

  1. Dari segi kecepatan, saya sangat menyarankan kalian menggunakan Internet Download Manager (IDM), kenapa? Karena IDM dikembangkan sebagai aplikasi berbayar, dan pastinya kualitasnya lebih baik dari pada yang gratis. Tetapi tenang saja, IDM memberikan kesempatan uji coba selama 30 hari secara gratis bagi para pengguna internet, IDM dapat diunduh di sini. Jika kalian ingin membuat IDM menjadi versi full secara gratis beginilah caranya [klik di sini]
  2. Setelah diinstal, IDM bisa langsung digunakan untuk mengunduh video dari Youtube, karena langsung muncul (Biasanya di bagian atas kotak videos yang sedang dimainkan).
  3. IDM bukan hanya dapat dipakai untuk Youtube, juga dapat dipakai pada Facebook, Dailymotion, dan semua situs yang memainkan video di halaman webnya.

Freecorder (Windows)

  1. Freecorder adalah flash grabber yang memiliki kemampuan lain selain menangkap flash dari web tetapi juga video, dan audio. Kalian dapat mengunduhnya di sini
  2. Cara kerjanya adalah menyimpan media video, audio dan flash yang sedang aktif di sebuah web. jadi, apabila kalian sedang memainkan sebuah video di youtube, dan kalian telah mengaktifkan freecorder, maka video tersebut akan tersimpan sementara pada direktori freecorder, dan setelah itu kalian bisa memilih untuk menyimpannya atau menghapusnya. Karena Freecorder hanya dapat menampung hingga 500MB saja. Jadi sebelum kapasitas direktorinya penuh, kalian sudah harus menyimpan media-media yang tersimpan oleh freecorder di komputer kalian.

DownloadHelper (Windows & Linux)

  1. Downloadhelper adalah Add-ons firefox yang berfungsi untuk mengunduh video dari youtube dan situs-situs bervideo lainnya. Cara keranya sama seperti IDM, dan kalian dapat mengunduhnya di sini. Tapi sayangnya, karena download helper adalah Add-ons firefox, jadi hanya bisa digunakan bagi pengguna firefox, firefox dapat diunduh di sini. Downloadhelper juga dapat dimaksimalkan dengan menggunakan DownThemAll yang bisa kalian unduh di sini.
  2. Setelah kalian berhasil menginstal Downloadhelper dan Downthemall (jika kalian menggunakan DownThemAll juga), maka Setiap kali kalian mengakses halaman web yang memainkan video (bukan hanya Youtbube), dengan sendirinya aplikasi downloadhelper akan aktif.
  3. Perbedaan jika kalian tidak menggunakan Downthemall maka kecepatan unduh tidak akan maksimal, karena downthemall memaksimalkan kecepatan unduh browser kalian.

Ant Video Downloader (Windows & Linux)

  1. Ant video downloader adalah Add-ons yang dapat digunakan untuk Internet Explorer (IE). Kita tahu Linux tidak menggunakan IE tetapi tentu saja menggunakan Firefox yang adalah open source. Jadi tentu saja, aplikasi ini dapat digunakan di Platform Windows juga Linux. Kalian dapat menungunduhnya di sini
  2. Cara kerjanya adalah menangkap media yang sedang diputar di sebuah website, tetapi lebih dikususkan untuk menangkap video. Jadi, setelah kalian berhasil menginstalnya. Bukalah youtube dan pilihlah video yang kalian sukai. Lalu setelah memainkannya, kalian bisa mengaktiifkan ant video downloader dan mengunduh video tersebut.

Voobys.com (Windows & Linux)

  1. Voobys.com adalah sebuah situs yang khusus diciptakan untuk mengunduh video dari youtube. Sehingga voobys tidak memerlukan proses instal-menginstal karena dapat digunakan menggunakan platform apa saja (Windows & Linux) ataupun web browser apa saja (firefox, google chrome, Internet Eksplorer, dll).
  2. caranya adalah dengan mengakses video yang ingin kalian unduh dari youtube. Lalu setelah menemukannya, kalian tinggal menggantikan alamat url http://www.youtube.com dengan http://www.voobys.com. Misalnya url video dari youtube yang kalian inginkan adalah http://www.youtube.com/watch?v=kROemCVsWA0, kalian tinggal mengedit kata youtube dengan voobys sehingga url nya akan menjadi seperti ini http://www.voobys.com/watch?v=kROemCVsWA0. Setelah mengedit, tekan enter dan kalian akan diarahkan pada halaman download voobys.com

Sekian cara yang saya dapat bagikan pada kalian. Sebenarnya masih terdapat banyak yang lain. Tetapi menurut saya, sebanyak itu sudah cukup bagi kalian. Dan untuk Linux, semua distro Linux seperti ubuntu, fedora, red hat, dst bisa menggunakannya.

About Rian Tuanakotta
I have passion to build my hometown

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: